Perusahaan Diminta Laporkan Seluruh CSR

Sintang, BK- Kepala Badan Perencanaan Pembangunan (Baperda) Kabupaten Sintang, Kartiyus meminta perusahaan yang beroperasi di bumi Senentang untuk melaporkan Corporate Social Responsibility (CSR) dengan tepat waktu. Pelaporan CSR penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana penyaluran dana oleh perusahaan.

“pada tahun 2020 ada 36 perusahaan, 4 bank dan 1 Credit Union yang melaporkan kegiatan CSR kepada Pemkab Sintang dengan total dana CSR mencapai 18,3 milyar. Mudah mudahan tahun 2021 ada peningkatan.” kata Kartiyus ketika melakukan Sosialisasi Penganugerahan Pertanggungjawaban Sosial Perusahaan (TSP) Award Tahun 2021 dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang Tahun 2022 di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Sintang pada Jumat, (12/3).

Kartiyus mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Sintang memberikan penghargaan kepada Perusahaan perusahaan yang memberikan  CSR dengan baik.  Pemberian penghargaan berupa CSR Aword.

“CSR Award di Kabupaten Sintang sudah memasuki tahun ketiga dilaksanakan. Tahun 2019, CSR Award diikuti oleh 27 perusahaan yang melaporkan kegiatan CSR nya kepada Pemkab Sintang dengan total nilai dana CSR mencapai 7,7 milyar.

Ada 10 kategori yang akan kami berikan penghargaan yakni kategori infrastruktur, pendidikan, kesehatan, keagamaan, sosial budaya, olahraga, ekonomi kerakyatan, lingkungan, penanganan covid-19 dan penurunan prevalensi stunting.

“dalam menilai CSR dari perusahaan, besaran dana yang disalurkan untuk CSR akan kami beri nilai 70 persen, laporan tahun sebelumnya memiliki bobot nilai 5 persen, laporan CSR tahun berjalan memiliki bobot nilai 15 persen dan rencana kegiatan CSR tahun berikutnya memiliki bobot nilai 15 persen,” terang Kartiyus.

Pemerintah Kabupaten Sintang memberi waktu hingga minggu ke empat dibulan Oktober tahun 2021. Setelah laporan masuk, Pemkab sintang akan cek kelapangan guna mematikan penyaluran tepat sasaran dan sesuai dengan yang di laporkan.

“minggu ke empat bulan Oktober harus sudah semua melaporkan. Sehingga kami memiliki waktu untuk cek ke lapangan soal kebenaran kegiatan CSR yang sudah dilaporkan,” tukasnya.(ono)

__Posted on
03/15/2021
__Categories
SINTANG