26 Februari Bupati Terpilih dilantik

Sintang, BK- Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat memastikan pelantikan Bupati dan wakil Bupati terpilih dilaksanakan pada 26 Februari 2020. Prosesi pelantikan akan dilakukan di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat.
Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang yang juga Pelaksana tugas Bupati Sintang Yosepha Hasnah berharap proses pelantikan Bupati dan wakil Bupati Sintang terpilih dapat berjalan dengan lancar dan tanpa kendala.
“Saya minta yang terlibat dalam pelantikan tersebut untuk melaksanakan tugas dengan baik dan penuh tanggungjawab agar proses pelantikan bisa diikuti oleh Bapak Bupati dan Wakil Bupati Sintang dengan baik,” pesan Yosepha Hasnah ketika memimpin rapat persiapan pelantikan di Ruang Rapat Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang pada Selasa, (23/2) pagi.
Usai pelaksanaan pelantikan, Pemerintah Kabupaten Sintang juga akan menyelenggarakan acara masuk kantor pertama.Sekaligus perkenalan dengan pejabat pejabat dilingkungan pemerintah Kabupaten Sintang.
“Acara masuk kantor pertama pada Senin, 1 Maret 2021. Sekaligus pertemuan dengan seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah di Lingkungan Pemkab Sintang,” tambah Yosepha Hasnah
Hal sama juga diungkapkan Kepala Sub Bagian (Kasubag) Administrasi Pemerintahan Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat (Setda) Sintang Eman Kurniawan mengaku juga sudah mengikuti rapat persiapan pelantikan di pontianak pada 19 Februari 2021.
Hasil rapat tersebut menjelaskan bahwa gubernur Kalimantan Barat memastikan pelantikan akan dilakanakan pada 26 Februari 2021 dan dilakukan pelantikan secara langsung oleh Gubernur Kalimantan Barat dan tidak dilakukan secara virtual.
“Dengan pertimbangan ada peraturan yang lebih tinggi dari surat edaran Mendagri soal pelantikan secara virtual sehingga gubernur memutuskan pelantikan secara langsung,” terang Eman Kurniawan
Eman menjelaskan peraturan yang lebih tinggi yang dimaksud adalah Pasal 78 ayat 2 huruf b Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, Pasal 131 ayat 4 Peraturan Pemerintah Nomor 49 Tahun 2008 tentang perubahan ketiga atas Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2005 tentang pemilihan, pengesahan dan pemberhentian kepala daerah dan wakil kepala daerah yang memang menegaskan bahwa pelantikan Kepala Daerah di lakukan oleh Gubernur di ibukota provinsi.
selain itu, kata Eman, Gubernur Kalbar juga sudah berkoordinasi dengan gubernur lain di Indonesia yang akan melaksanakan pelantikan secara langsung di ibukota provinsi. Sehingga dengan alasan tersebut Gubernur Kalbar juga ingin melaksanakan pelantikan secara langsung di Pontianak.
“ Surat Undangan dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang ditandatangani oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat udah kami terima,” tutur eman.
Lebih lanjut Eman menginformaikan berdasarkan Surat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat dengan Nomor: 131/0556/Pem-B tentang Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Hasil Pemilihan Tahun 2020, maka gladi bersih akan dilaksanakan pada Kamis, 25 Februari 2021 pukul 14.00 WIB di Balai Petitih dan pelantikan akan dilaksanakan di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalimantan Barat pada Jumat, 26 Februari 2021 pukul 08.00 WIB.(ono)

__Posted on
02/23/2021
__Categories
Uncategorized