Hadiri Safari Gemarikan, Ini Pesan yang Disampaikan Bupati Jarot

SINTANG, BK –Salah satu untuk terhindar dari penyebaran Covid-19 harus memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Untuk memiliki dayan tahan tubuh yang kuat, tentunya harus menjaga pola hidup bersih dan sehat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sintang, Jarot Winarno. Dijelaskannya bahwa menjaga pola hidup bersih dan sehat itu bisa dengan cara menkonsumsi makan yang bergizi dan memiliki protein yang tinggi, seperti, buah-buahan, sayuran, daging, madu, vitamin, dan juga ikan.

“Bahkan berjemur di bawah terik matahari untuk mendapatkan vitamin D,” ujar Jarot saat memberikan arahan dalam kegiatan Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan), di Kantor Camat Sepauk, Sabtu (13/6/2020).

Jarot juga mengatakan, ikan itu memiliki omega 3 yang baik bagi kesehatan jantung dan juga protein untuk meningkatkan daya ingat.

“Ikan itu ada 10 manfaat, karena ada omega 3 yang baik buat jantung, lalu banyak protein mencegah kita supaya nda pikun bah. Jadi kita harus konsumsi sebanyak-banyaknya ikan,” kata Jarot.

Menurut Jarot, pentingnya memiliki daya tahan tubuh yang kuat dalam melawan corona, karena 86 persen orang yang terkena corona Orang Tanpa Gejala (OTG) seperti tidak batuk, tidak pilek, tidak sesak nafas dan tidak demam.

“Sementara 11 persen itu kalau bergejala, gejala ringan jak, paling rasa-rasa demam baya-baya bahasa kita dulu bah. Serta hanya 3 persen yang perlu perawatan karena sudah ada penemoni nyerang paru-paru itulah yang meninggal, nda pernah ada yang meninggal itu karena corona, pasti ada penyakit yang lain misal jantung, liver, kencing manis dan lainnya,” terangnya.

Menurut Jarot, selain murah dan mudah di dapat di pasar, ikan itu juga bisa didapat sendiri. Terlebih kata dia, Kabupaten Sintang ini memiliki kehidupan peradaban sungai sudah sejak dahulu kala, dimana-mana tempat pasti ada sungai, sehingga untuk mendapatkan ikan itu sangat mudah, asalkan mau.

“Saya dulu bah waktu masih tugas jadi dokter di pedalaman Sintang ada pukat, saya dulu pagi-sore ambil ikan dari pukat tu bah. Kalau ada yang hobi mancing, bisa juga mancing, pasang bubu atau lain-lain bah,” pungkasnya. (*)

__Posted on
06/14/2020
__Categories
SINTANG