Jalani Perawatan Selama 59 di RSUD Sintang, PDP 02 Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

SINTANG, BK – Setelah menjalani perawatan selama 59 hari di Ruang Isolasi Khusus Rumah Sakit Rujukan Ade M Djoen Sintang, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 02 yang terkonfirmasi positif Covid-19 akhirnya dinyatakan sembuh.

Pasien dari Kabupaten Sanggau atasnama Yohanes Andriyus Wijaya yang merupakan Direktur PDAM Tirta Pancur Aji Sanggau ini, dinyatakan sembuh setelah berdasarkan pemeriksaan swab tenggoran terakhir dari Jakarta yang hasilnya negatif dari Covid-19.

Kepulangan pria berumur 55 tahun ini, dilepas langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno yang di damping Kadinkes Kabupaten Sintang, Direktur RSUD Ade M Djeon Sintang, Tim Medis Gugus Tugas Covid-19 Dinkes Sintang serta tenaga medis di rumah sakit.

Kepulangan PDP 02 ini pun di jemput Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sanggau, Ginting, Minggu (17/5/2020) siang, di RSUD Rujukan Ade M Djoen Sintang.

Pada kesempatan itu, Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan apa yang hari ini terjadi ialah untuk meyakinkan masyarakat bahwa pasien Covid-19 itu bisa sembuh, apa lagi kalau tidak ada penyakit penyerta atau bawaan.

“Jadi kalau kita mendapat cobaan dari Tuhan seperti ini, yakinlah di rawat di Sintang aja bisa sembuh kalau di rawat dengan benar,” kata Jarot.

Kemudian, lanjut Jarot hal ini juga menunjukan kita yang di daerah juga bisa merawat pasien Covid-19 sesuai dengan protokol yang ada. Dimana rasa kepercayaan diri itu tumbuh bahwa kita juga bisa.

“Karena Pak Andri ni yang pertama positif di rawat dua bulan lalu. Bayangkan dia masuk sejak 19 Maret lalu, sementara kasus pertama di Indonesia itu 2 Maret diumumkan presiden, jadi kita masih gagap-gagap semua. Harus ngapain sebentar begini sebentar begitu, luarbiasa, jadi dia masuk bisa survive. Selamat buat pak andri,” ucap Jarot.

Sementara itu, PDP 02 yang sudah di nyatakan sembuh dari Covid-19 inipun tak bisa menyembunyikan rasa harunya setelah berjuang melawan virus tersebut.

Ia pun sangat mengapresiasi pelayanan tim medis RSUD Ade M Djoen Sintang selama merawatnya siang malam hingga dirinya dinyatakan sembuh dari Covid-19.

“Jujur saya terharu, karena kondisi saya kritis pada saat di rujuk ke Sintang. Tapi berkat kerja keras tenaga medis di sini dan berkat perlindungan tuhan, saya bisa disembuhkan,” terangnya.

Tindakan yang dilakukan di RSUD Sanggau saat itu merujuk dirinya ke RSUD Sintang, menurutnya langkah yang sangat tepat, sehingga dirinya terselamatkan dari Covid-19. (*)

__Posted on
05/17/2020
__Categories
SINTANG