Cegah Covid-19, Ini Cara yang Disampaikan Askiman

SINTANG, BK – Wakil Bupati Sintang, Askiman mengatakan, bahwa terdapat enam cara untuk menghalangi wabah Covid-19 dengan cara meningkatkan imunitas moral.

“Pertama kita perlu perhatikan kuantitas dan kualitas kehidupan yang harus terjaga, kedua kita mengatur pola kerja kita jangan sampai lelah dan cukup tidur untuk menjaga ketahanan fisik,” ujar Askiman saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) terkait Covid-19 bersama Kepala Desa se-Kecamatan Sepauk, pada Rabu (29/04/2020).

Sementara yang ketiga terang Askiman, yakni menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak takut dan tidak cemas terhadap sebaran virus ini, karena kalau cemas nanti imun akan lemah. Keempat atur pola hidup untuk senantiasa dalam damai sukacita dan tidak stress.

“Kelima yakni berjemur di bawah sinar matahari selama 30 menit dalam satu hari, keenam yakni hindari polusi, karena polusi membuat paru-paru kita mudah terserang penyakit,” terangnya.

Dari enam tersebut, kata Askiman yang paling rawan adalah persoalan imunitas moral. Jangan sampai stres dalam menghadapi semua ini. Askiman juga mengingatkan, agar tidak salah persepsi dengan status masyarakat Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19.

“Kita jelaskan kepada masyarakat kita, apa yang disebut dengan ODP. Begitu ditetapkan status ODP semua orang ketakutan, akhirnya muncul sikap kebencian terhadap sesama dan akan menimbulkan kesenjangan sosial dan kesalahpahaman,” tegasnya.

Sehingga dengan begitu, terang Askiman menimbulkan sebuah persoalan di tengah-tengah masyarakat. “Jangan membuat stigma kepada masyarakat yang statusnya ODP,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Satgas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kecamatan Sepauk, Aidul mengatakan, banyak kegiatan yang sudah dilaksanakan dalam rangka mencegah Covid-19.

“Kami sosialisasi ke sekolah dari SD sampai SMA, bagaimana cara mencuci tangan dengan enam langkah menggunakan sabun dan air mengalir,” terangnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga telah meneruskan imbauan pemerintah kepada masyarakat bagaimana cara penanganan, pencegahan Covid-19 dan melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat.

“Kita juga mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak bepergian ke daerah yang terpapar oleh Covid-19. Mengimbau kepada masyarakat apabila ada keluarga yang datang dari suatu daerah terpapar corona, agar melaporkan diri ke Puskesmas terdekat,” terangnya.

Pihaknya juga sudah membangun posko dan pembentukan posko relawan di seluruh desa yang ada di Kecamatan Sepauk. “Untuk Posko Kecamatan Sepauk kami dirikan di Desa Tanjung Hulu, semua posko berada di bawah komando satgas Kecamatan Sepauk,” pungkasnya. (*)

__Posted on
04/30/2020
__Categories
SINTANG