Jambri Pimpin Sidang Jawaban Bupati Terkait RDTR Sungai Ringin

SINTANG, BK – Wakil Ketua II DPRD Sintang, Heri Jambri memimpin rapat paripurna ke-11 masa persidangan 1 tahun 2020, di Ruang Sidang Gedung DPRD Sintang, Senin (06/04/2020).

Sidang ini dalam rangka penyampaian jawaban atau tanggapan Bupati Sintang terhadap pandangan umum fraksi-fraksi DPRD mengenai Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) bagian wilayah perencanaan industri Sungai Ringin Kabupaten Sintang tahun 2020-2039.

Dikatakan Jambri dalam rapat tersebut, bahwa ada hal-hal yang perlu diperhatikan dalam proses perencanaan ini, pertama, rencana ini harus selaras dengan rencana tata ruang wilayah milik Kabupaten Sintang yang sudah disusun sebelumya, tahun 2016-2036, haruslah taat azas serta sesuai dengan tujuan umumnya.

“Kedua, operasionalisasi RTRW yang dijabarkan ini harus sudah disusun dengan pendekatan nilai strategis kawasan, sehingga dalam penetapan blok, sub blok, zonasi dan sebagainya dapat menjadi acuan untuk pengaturan zonasi, perijinan dan pembangunan kawasan, jadi legalitas pemanfaatan ruangnya menjadi kendali baku mutu penataan ruang di wilayah Kabupaten Sintang,” ujarnya.

Terhadap penyampaian Bupati, jelas Politisi Partai Hanura ini, besar harapan dirinya agar fraksi-fraksi dapat mencermati dan mengkaji kembali materi yang telah disampaikan.

“Kedepannya fraksi-fraksi dalam bentuk panitia khusus akan melakukan pembahasan materi lebih lanjut bersama satuan kerja perangkat daerah yang terkait,” tutupnya.

Tampak hadir juga pada sidang ini Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny. Pada kesempatan ini ketua DPRD Sintang menerima secara simbolis jawaban pemerintah yang dipaparkan Bupati Sintang sebelumnya. (pul)

 

__Posted on
04/06/2020
__Categories
SINTANG