Bupati Jarot Sebut Koperasi Raja Swa Koperasi yang Mandiri

SINTANG, BK – Bupati Sintang, Jarot Winarno membuka Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Produsen Raja Swa tahun buku 2019, di Balai Ruai Desa Bangun, Rabu (18/3/2020).

Dalam sambutannya, Jarot mengatakan, bahwa Desa Bangun ini memang memang sudah ditetapkan sebagai desa koperasi.

“Pertama koperasi plasma bubui nasi yang kita buka RAT-nya pada tahun lalu, ditambah kehadiran lagi koperasi Raja Swa ini. Semoga menjadi contoh dan bentuk kemitraan dan bentuk kemajuan koperasi di Desa Bangun ini,” ujar Jarot.

Hadirnya koperasi produsen Raja Swa ini, kata Jarot sebagai percontohan koperasi yang mandiri yang membentuk kemitraan perusahan dengan masyarakat.

“Dimana di sini ada koperasi plasma, dan koperasi desa, yang mandiri model ini sangat cepat kemajuan nya,” katanya.

Jarot juga mengatakan, yang perlu dijaga dalam internal anggota adalah meningkat mutu dan kualitas serta pelatihan manajeman akutansi keuangannya, biar semangkin meningkat kualitas kepengurusan koperasi produsen ini.

“Jangan sampai di luar manajemen koperasi menggangu kinerja kita, sebab tantangan koperasi Raja Swa ini lebih besar lagi,” katanya.

Jarot juga berharap, koperasi ini bisa menjadi terang bagi desa-desa lain. Maka dari itu, ia mengajak masyarakat untuk ikut mengembangkan koperasi Raja Swa ini. “Saya berharap anggota semangkin luas dan dari desa-desa sekitar mau bergabung dengan koperasi ini,” harapnya.

Bupati juga menambahkan, idealnya satu petani sawit mandiri, jika mau memdapatkan pendapatan yang baik, minimal harus punya kebun 2 kapling atau 4 hektar yang di kelola oleh koperasi yang bekerjasama dengan perusahan.

“Dengan begitu kita bisa menghitung pendapatan perkapita masyarakat perbulannya, sehingga kita bisa mengentaskan garis kemiskinan bagi masyarakat di Desa Bangun ini,” katanya.

Langkah yang baik ini, kata Jarot harus dikembangkan bersama-sama melalui koperasi produsen Raja Swa, sehingga mampu mensejahterakan masyarakat di Kecamatan Sepauk ini.

“Mari kita sama-sama membangun desa, masyarakat, koperasi dan pemerintah, sehingga dapat mempercepat kemajuan di Kecamatan Sepauk,” pungkasnya. (*)

__Posted on
03/18/2020
__Categories
SINTANG