Ini Pesan Askiman Kepada Para Istri ASN

SINTANG, BK– Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman, MM menghadiri peringatan hari ulang tahun Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Sintang ke-20 tahun 2019 , Selasa (10/12/19) pagi di Gedung Pancasila Sintang

Dalam sambutannya Wakil Bupati Sintang Askiman mengingatkan bahwa kegiatan Hari Ulang (HUT)  bukan hanya sekedar untuk ceremonial saja, namun untuk mengingatkan kita semua betapa pentingnya peran keluarga, secara khusus peran para ibu dan perempuan khususnya para istri Aparatur Sipil Megara (ASN) dalam membangun keluarga yang sehat dan sejahtera.

“dengan memiliki keluarga khususnya keluarga para aparatur daerah kita yang sehat dan sejahtera artinya kita telah memiliki modal sosial yang sangat besar untuk mewujudkan masyarakat sintang yang cerdas, sehat, maju, religius dan sejahtera pada tahun 2021,”kata Askiman.

Askiman pun menjelaskan bahwa Dharma Wanita Persatuan merupakan pribadi mandiri dan kreatif harus mampu meningkatkan kinerja suami dan memperlancar tugas suami. Terlebih banyak kesempatan bagi perempuan untuk sukses dengan tetap berperan sebagai istri maupun ibu, kesempatan terbuka seluasnya bagi perempuan untuk maju dan berkembang menyesuaikan perkembangan zaman.

“sehingga perempuan mampu memberikan pendidikan karakter sejak dini dan menyiapkan mental anak di era globalisasi. kiranya sebagai istri asn bisa menjadi motivator aktif di masyarakat, dalam menjaga kualitas dan ketahanan keluarga serta dapat membantu program pemerintah kabupaten sintang dalam mewujudkan visi dan misi kabupaten sintang,”terang Askiman.

Selain itu juga Askiman meminta untuk kedepannya kegiatan HUT DWP ini terkhusus untuk lomba memasak harus mampu menggali atau mengangkat makanan khas atau kue tradisional Kab. Sintang, sehingga kedepannya akan menjadi ikon, jika turis atau tamu yang datang ke Sintang bisa menikmati bahkan membelinya untuk dibawa menjadi buah tangan.

“Sebagai contok tempoyak dan sambal salai, saya pernah hadir acara gastronomi di kementrian sekretariat negara,kemudian mereka minta kita sediakan makanan khas sintang, saya gurau aja di forum itu, mau nda makan tempoyak dan sambal salai, lalu dalam perlombaan itu kita diikut sertakan, ternyata mendapatka sambutan yang luarbiasa, sampai orang jepang,korea ,jepang pesan tempoyak yang sudah dimasak itu,”ungkap Askiman.

Askiman juga berpesan bahwa di jaman kemajuan teknologi di era saat ini seperti smartphone yang semakin canggih, dimana dalam kehidupan saat ini kita masing-masing sering di sibukan sendiri dengan hal tersebut, sebagai salah satunya di lingkungan keluarga. Untuklah dirinya meminta anggota DWP jika sudah di rumah harus secara total memberikan perhatian kepada keluarga.

“Kita kalau di rumah itu, sering sibuk dengan hp masing-masing baik itu anak, istri dan suami, sampai kita lupa berinteraksi langsung antar sesama, nah ini yang harus kita jaga, coba kalau di rumah kita berikan waktu yang totalitas untuk keluarga,lepaskan semua hal yang berkaitan dengan hp, boleh main hp, tapi jangan terpaku,ingatlah kita ada. Anak, ada istri, ada suami yang harus kita beri perhatian. Jangan sampai kita jadi apatis atau bersifat acuh tak acuh,”pesan Askiman.

Ketua Panitia Kegiatan, Magdalena Imakulata Palentinus mengatakan tema yang di usung dalam kegiatan ini adalah optimalisasi kinerja DWP sebagai mitra strategis pemerintahan untuk suksesnya pembangunan Nasional.

“kita ingin kaum wanita secara khusus dharma wanita persatuan Kab. Sintang benar-benar memberikan kontribusinya untuk pembangunan daerah, kita tidak ingin wanita hanya menjadi penonton, tapi turut berperan, setidaknya harus di mulai dari lingkungan keluarga,”ucap Magdalena.

Magdalena menjelaskan bahwa berbagai rangkaian kegiatan telah di laksanakan dalam HUT DWP Kab. Sintang ini seperti kunjungan ke RSUD Ade M. Djoen Sintang khususnya di ruang anak kelas tiga, anjangsana ke TK Pertiwi sekaligus penyuluhan tentang makanan sehat untuk anak.

“kemudian senam masal dan jalan santai, lomba fashion show tenun ikat khas Sintang, lomba masak dengan bahan dasad mie tiaw, penyerahan cinderamata bagi warakauri atau istri pensiunan ASN atau janda ASN yang ada di lingkungan Pemkab. Sintang, penyerahan santunan pendidikan bagi anak ASN,”jelas Magdalena. (rilis/pemda)

__Posted on
12/11/2019
__Categories
SINTANG