Kesadaran Akan Kesetaraan Gender Mesti Ditingkatkan

Sintang, BK – Periode 2019-2024 keterlibatan kaum wanita di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang mengalami peningkatan. Dari tiga orang pada saat periode sebelumnya, sekarang menjadi lima.

Meski begitu, kalau ditelisik secara keseluruhan se-Indonesia, keterlibatan kaum perempuan di dunia politik masih tergolong minim. Walaupun beberapa daerah mengalami peningkatakn. Ihwal tersebut dikarenakan berbagai faktor yang mempengaruhinya.

Menanggapi hal tersebut, salah satu wanita yang berhasil menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Maria Magdalena mengatakan, bahwa kurangnya keterlibatan kaum wanita di politik karena masih kurangnya kesadaran akan kesetaraan gender.

“Sebenarnya hal ini bukan karena faktor takut, melainkan karena kesadaran perempuan terhadap kesetaraan gender masih kurang. Mungkin itu perlu ditingkatkan lagi ke depan,” ujar Magdalena ditemui di kantor DPRD Sintang, Jumat (25/10/2019).

Wanita yang untuk pertama kalinya menjadi bagian di DPRD Sintang ini juga tak menampik, bahwa untuk periode sekarang ini, memang  ada peningkatan di beberpa daerah keterlibatan perempuan di dunia politik dari sebelum-sebelumnya.

“Hanya memang harus perlu kerja keras kedepannya, agar hal tersebut dapat lebih ditingkatkan lagi,” terang Politisi Partai Demokrat ini.

Ia juga berharap, ke depan kaum perempuan ini lebih berani untuk tampil berjuang dan bersaing di dunia politik. “Jangan takut untuk bersaing. Jangan mengangap perempuan tidak bisa, tapi kita harus bisa,” pungkasnya. (say)

__Posted on
10/26/2019
__Categories
BERITA TERKINI, SINTANG