Santosa Harap Penyaluran Pupuk Subsidi Tepat Sasaran

Sintang, BK – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Santosa menyambut baik dengan digelarnya Rapat Evaluasi dan Koordinasi Pengawasan Penyaluran Pupuk Subsidi dan Pestisida di Kabupaten Sintang.

Diharapkannya dengan kegiatan tersebut, pupuk subsidi ini dapat disalurkan sesuai peruntukannya, sehingga akan berdampak positif untuk para petani di Kabupaten Sintang.

“Tentu kita harapkan seperti itu. Sebab sudah jelas peruntukannya bahwa pupuk subsidi itu untuk petani yang ekonominya lemah,” ujar Santosa ditemui di kantor DPRD setempat, Kamis (24/10/2019).

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) juga meminta, rapat evaluasi dan koordinasi penyaluran pupuk ini jangan hanya sekedar kegiatan seremoni saja, tapi harus benar-benar dapat diimplementasikan di lapangan, agar benar-benar dapat hasil yang maksimal.

“Pemerintah sudah mengucurkan anggaran cukup besar untuk subsidi pupuk ini, jangan sampai penyalurannya tidak tetap sasaran atau ada permainan oknum-oknum tertentu untuk mendapatkan keuntungan pribadi mereka dengan melanggar aturan yang telah ditetapkan,” tegasnya.

Maka dari itu, instansi terkait dan tim pengawas penyaluran pupuk ini benar-benar dapat menjalankan tupoksinya, sehingga apa yang diharapkan bersama dapat terwujud.

“Kita harapkan juga untuk para petani, ketika dapat pupuk subsidi ini, benar-benar dapat digunakan semaksimal dan sebaik mungkin,” pungkasnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Pemerintah Pusat telah mengucurkan anggaran yang cukup besar dengan mensubsidi beberapa jenis pupuk yang dibutuhkan oleh petani. Khususnya dalam program ketahanan pangan menuju swasembada pangan.

Pupuk subsidi ini untuk membantu petani ekonomi lemah dan yang memiliki lahan garapan tidak lebih dari 2 hektare dalam memenuhi kebutuhan pupuknya. Maka dari itu, distribusinya harus diawasi dengan baik.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Sintang diwakili Plt Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Sintang, Helmi saat membuka pelaksanaan Rapat Evaluasi dan Koordinasi Pengawasan Penyaluran Pupuk Subdidi dan Pestisida di Kabupaten Sintang, Selasa (22/10), di Balai Ruai Kompleks Rumah Dinas Bupati Sintang.

“Bupati Sintang sudah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor: 521.34/150/KEP-DPP/2019 tanggal 31 Januari 2019 tentang Tim Pengawasan Pupuk dan Pestisida di Kabupaten Sintang. Diharapkan, tim ini bisa bekerja maksimal dalam mengawasi distribusi pupuk dan pestisida di Sintang,” ujarnya.

Untuk mendapatkan jatah pupuk bersubsidi, petani harus tergabung dalam kelompok tani yang sudah terdaftar dengan Simlun dan membuat RDKK untuk diajukan kepada pihak pengecer atau distributor. Dalam mendapatkan pupuk bersubsidi tidak bisa sembarangan, karena merupakan barang yang diawasi dalam pendistribusiannya.

“Tim Pengawasan Pupuk dan Pestisida Kabupaten Sintang itu terdiri dari pihak Kodim, Kejaksaan, Kepolisian, Disperindagkop, Dinas Ketahanan Pangan, Bappeda dan beberapa lintas sektoral yang tergabung dalam tim,” pungkasnya. (say)

__Posted on
10/24/2019
__Categories
BERITA TERKINI, SINTANG