Jeffray Minta Pembangunan Rumah Betang Tampun Juah Segera Diselesaikan

Sintang, BK – Dibangun sejak 2015 lalu, hingga kini pembangunan Rumah Betang Tampun Juah belum juga selesai. Hal itu pula mendapat sorotan dari Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Jeffray Edward. Ia meminta Pemerintah Daerah (Pemda) agar segera menyelesaikan pebanguan Rumah Adat Dayak tersebut.

“Kegiatan adat dayak setiap tahun dilaksanakan, tentunya memerlukan tempat yang representatif. Salah satunya Rumah Betang Tampun Juah. Maka dari itu kita harapkan cepat diselesaikan,” ujar Jeffray saat ditemui di Warung Kopi Medan, kemarin.

Selama ini, kata Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini, kegiatan adat dayak selalu dilaksanakan di komplek GOR Baning Sintang. “Tentu kita maunya tidak selalu di sana. Haruslah mengunakan Rumah Betang,” kata Jeffray.

Jeffray juga meminta, agar dana pembangunan Rumah Betang yang berasal dari APBD dikelola dengan baik oleh pelaksana. Sehingga, kegiatan pembangunan tersebut sesuai harapan pemerintah dan masyarakat adat dayak.

“Pembangunan Rumah Betang ini harus diselesaikan sesuai perencanaan yang ada, agar sesuai yang kita harapkan bersama,” tegas Jeffray yang juga merupakan Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sintang ini.

Tahun 2019 ini, jelas Jeffray, fisik Rumah Betang sudah selesai dengan anggaran yang disiapkan. Tentu hal tersebut sesuai dengan perhitungan pemerintah atau intansi terkait. Hanya saja, untuk penataan halaman belum teranggarkan.

“Saya rasa untuk menuntaskan pembangunan Rumah Betang masih memerlukan banyak biaya. Karena, secara fisik bangunan Rumah Betang ini cukup besar,” pungkasnya. (say)

__Posted on
10/13/2019
__Categories
BERITA TERKINI, SINTANG