Dibangun Tipe B, PLBN Sungai Kelik Akan Bawa Dampak Positif untuk Warga Perbatasan

Sintang, BK – Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sungai Kelik, yang berada di Kecamatan Ketungau Hulu, Kabupaten Sintang akhirnya resmi dibangun dengan tipe B.

Kepastian tersebut tertuang pada surat Nomor: 86.00/2017/IX/2019 tanggal 25 September 2019 dari badan nasional Pengelolaan Perbatasan Republik Indonesia yang ditujukan kepada Dirjen Cipta karya Kementrian PUPR.

Hal tersebut disambut baik oleh anggota DPRD Sintang, Melkianus, sebab awalnya PLBN tersebut hanya akan dibangun tipe C oleh pemerintah pusat.

“Masyarakat di wilayah timur Kalbar, khususnya yang tinggal di perbatasan merasa agak kecewa kalau dibangun tipe C. Tapi akhirnya dibangun tipe B,” ujarnya saat ditemui di Kantor DPRD setempat, kemarin.

Anggota DPRD Dapil perbatasan (Ketungau-Binjai) ini pun, mengucapkan terimaksih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Sintang yang telah berjuang keras untuk mewujudkan PLBN ini ke tipe B.

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat karena telah mengabulkan usulan Pemda Sintang untuk PLBN Sungai Kelik ini dibuka dengan tipe B,” ujarnya.

Dibangunnya tipe B ini menurut Melkianus, akan membuka ruang untuk masyarakat perbatasan agar bisa tekoneksi dengan negara tetangga Malaysia.

“Dengan tipe B ini kendaraan bisa berlalu lintas langsung ke negara tetangga,” katanya.

Dampak positif lainnya pun pasti akan sangat besar, terutama kata Politisi Golkar ini soal infrastruktur jalan. Selama ini banyak infrastruktur jalan dibebankan kepada Pemda Sintang. Tentu Pemda tidak mampu untuk mengaggarkan itu semua, karena APBD Kabupaten Sintang kecil.

“Dengan dibangunnya tipe B ini, infrastruktur pasti akan sangat baik, karena juga akan dibangun pemerintah pusat. Perekonomian masyarakat perbatasan pun juga akan memingkat,” katanya.

Ia pun berharap, pembangunan tidak hanya sampai di situ saja, tapi harus berkelanjutan, sehingga masyarakat dapat menjaga daerah perbatasan yang selama ini sering menjadi konflik dengan negara tetangga.

“Kita juga meminta kepada masyarakat, untuk mendukung ketika ada pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah, baik pusat, provinsi maupun kabupaten, serta dapat menjaga apa yang sudah diberikan pemerintah ini,” terangnya.

Dengan begitu, masyarakat perbatasan kata Melkianus akan merasakan dampak dari pembangunan yang ada itu. “Kami dari DPRD juga akan membantu sesuai dengan tupoksi kami dalam membangun Sintang. baik untuk infrastruktur dan lainnya,” pungkasnya. (say)

__Posted on
10/10/2019
__Categories
BERITA TERKINI