Pemerintah Diminta Aktif Imbau Masyarakat Jaga Kebersihan Lingkungan

Sintang, BK – Setelah dilanda kemarau panjang, kali ini Kabupaten Sintang terus diguyur hujan hampir setiap harinya. Peralihan musim ini pula, membuat masyarakat sangat retan terhadap penyakit, seperti Demam Berdarah Dengue (DBD) dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, anggota DPRD Kabupaten Sintang, Tuah Mangasih meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda), dalam hal ini instansi terkait dapat bergerak aktif untuk melakukan pencegahan saat musim pancaroba seperti ini.

“Mencegah (preventif) lebih baik daripada mengobati. Maka dari itu, saya minta segera lakukan pencegahan, sebelum masyarakat kita menderita penyakit yang diakibatkan dampak dari musim hujan ini,” ujarnya, kemarin.

Pencegahan tersebut, kata Tuah bisa dengan menyebarkan imbauan kepada masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan, seperti membersihkan pekarangan trumah, got (selokan) dan lain sebagainya.

“Terkadang masyarakat kalau tidak diiumbau akan sulit. Makanya itu perlu dilakukan, mulai dari imbauan Bupati kemudian ditindaklanjuti oleh Dinas Kesehatan hingga ke jenjang yang paling bawah, Camat, Kepala Desa hingga ke masyarakat,” terangnya.

Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini juga mengatakan, imbauan tersebut harus menyeluruh, jangan hanya di kota saja. Selain itu, masyarakat dimintanya juga harus akitf dalam menjaga lingkungannya agar tetap bersih.

“Jangan menunggu pemerintah saja, karena kebersihan itu tanggung jawab bersama. Kalau melihat got mampet, pemerintah yang disalahin. Coba bergotong-royong agar sampah itu dibuang, agar tak mampet lagi,” pungkasnya. (sai)

__Posted on
10/06/2019
__Categories
BERITA TERKINI