Warga Kenyabur Baru Berharap Ada SMK

Sintang, BK- Tingginya minat dari pelajar lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di Desa Kenyabur dan sekitarnya untuk melanjutkan pendidikan, warga Kenyabur Baru berharap hadirnya Sekolah Menengah Atas maupun sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di wilayahnya.

“Pelajar kami dari lulusan SMP maupun MTS sangat berminat untuk bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi,tapi di wilayah kami belum ada SMK maupun SMA,” kata Kepala Desa Kenyabur Baru Sutaman ketika pada acara penutupan grebeg suro dan gawai adat, Minggu (15/9) 2019

Selama ini kata Sutaman pelajar yang akan meneruskan pendidikan ke SMA mapun ke SMK harus keluar dari Desa Kenyabur baru bahkan banyak siswa siswa lulusan SMP harus melanjutkan pendidikan SMA maupun SMKnya ke Kabupaten Sintang yang jarak tempuhnya sangat jauh.

Pihaknya mengaku sudah mengusulkan pendirian sekolah ke dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Barat. Usulan tersebut sudah disampaikan sejak lima tahun lalu. “Saya sudah usulkan sejak kepala dinasnya Pak Alexius Akim,” tutur Sutaman.

Bahkan kata dia masyarakat Desa Kenyabur baru sudah menghibahkan tanah untuk pembangunan sekolah. Luasnya pun mencapai 1,54 hektar. Luas tersebut belum termasuk lapangan. Jika ditambah dengan lapangan mencapai 2,5 hektar.“untuk tanah sudah kami sediakan. Tanah tersebut adalah hibah dari masyarakat,” tukasnya.

Menanggapi hal itu, Bupati Sintang, Jarot Winarno mengaku akan segera koordinasi ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, karena pendirian sekolah menengah Atas atau SMK adalah ranahnya pemerintah Provinsi.

“Ya. Nanti kamia akan koordinasi dengan pemerintah provinsi. Saya akan ketemu Gubernur Kalimantan Barat,” tukasnya.(ono)

 

 

__Posted on
09/16/2019
__Categories
BERITA TERKINI