Buka Puasa Bersama Warga, Ini Pesan Bupati

Sintang, BK- 657 tahun silam. Para leluhur dinilai telah berhasil meletakan pondasi dalam membangun suatu peradaban yang harmonis tanpa mengenal perbedaan Suku Ras Agama dan Antar Golongan (SARA).

Tatkala itu, para leluhur memberi tempat hidup itu sebuah nama. Namanya adalah Sintang. Kota ini telah diwariskan sebuah peradaban yang agung dengan menghargai dan menyatukan berbagai perbedaan SARA sebagai satu kesatuan yang harmonis.

Sebagai generasi penerus, seluruh komponen masyarakat yang tinggal di Kota Sintang diwajibkan dan ikut bertanggungjawab dalam menjaga suatu hal yang diwariskan kepada kita semua.

Ihwal tersebut diungkapkan langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno saat menggelar kegiatan syukuran Harjad Kota Sintang ke 657 dan buka puasa bersama Ramadhan 1440 H di Pendodpo Bupati Sintang, Jumat (10/5/2019).

Orang nomor satu di Bumi Senentang inipun berpendapat bahwa seluruh komponen masyarakat yang tinggal di Kota Sintang memiliki tanggungjawab yang sama dalam membangun Kota Sintang di masa mendatang.

“Tidak hanya pemerintahan saja, semua memiliki tanggungajwab yang sama dalam mewujudkan harapan para leluhur kita,” kata Bupati Jarot.

Sintang, menurut Jarot, dapat maju apabila masyarakatnya mampu menjaga, merawat, dan memberikan sumbangan suatu pikiran yang produktif dalam membangun Sintang di masa mendatang.

“Yang harus kita lakukan bersama adalah mengisi Kota Sintang dengan pemikiran terbuka, sikap yang toleran, dan tindakan yang produktif,” ungkapnya.

Pada acara syukuran Harjad Kota Sintang ke 657 tahun 2019 ini, kata Jarot, lebih berbeda dari tahun sebelumnya. Di mana Harjad Kota Sintang yang jatuh setiap tanggal 10 Mei kini bertepatan dengan bulan suci Ramadhan 1440 H.

“Jadi hari ini kita gelar acara syukuran dan buka puasa bersama,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Ketua Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Sintang, H Ade Kartawidjadja berpesan kepada seluruh komponen masyarakat yang ada di Kota Sintang agar selalu bersatu untuk membangun kota yang kita cintai bersama ini.

“Mari bersama-sama membangun Kota Sintang agar menjadi kota yang maju dan berkembang,” pesannya. (Dedek)

__Posted on
05/13/2019
__Categories
SINTANG