Gelar Pawai Ta’aruf ini Pesan Jarot

Sintang, BK- Menyambut datangnya bulan suci ramadhan 1440 Hijriyah sejumlah umat islam di penjuru dunia melakukan berbagai kegiatan. Ini dilakukan sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan YME, karena dapat bertemu kembali bulan yang suci ini.

Tidak terkecuali di Kabupaten Sintang. Pemerintah Kabupaten Sintang bersama sejumlah ormas Islam menggelar pawai ta’aruf syiar ramadhan. Kegiatannya pun dilepas langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno didampingi Sekda Sintang, Kapolres Sintang, dan Wakil Ketua DPRD Sintang di depan Pendopo Bupati Sintang, Minggu (5/5/2019).

“Telah tiba bulan yang kita rindukan, bulan yang kita tunggu-tinggu yaitu bulan suci Ramadhan.  Tentunya dengan kegiatan pawai ta’aruf ini kita bergembira menyambut kedatangan bulan suci ramadhan,” ucap Bupati Jarot.

Dengan digelarnya kegiatan pawai ta’aruf ini, kata Jarot, diharapkan umat islam bergembira menyambut datangnya bulan suci Ramadhan. Selain itu, dapat menjalin tali silaturahmi dan sebagai momentum saling msmaafkan.

“Ini sebagai salah satu momentum kita untuk menjalin silaturahmi dan saling memaafkan, karena sebelum menjalankan ibadah puasa, kita bermaaf-maafan bersama keluarga, sahabat, teman dan sesama umat,” tuturnya.

Olehkarenanya, Jarot berpesan kepada para peserta pawai ta’aruf untuk dapat mengikuti rangkaian kegiatan pawai dengan baik. “Harapan saya semoga kegiatan ini berjalan dengan baik sehingga pawai ta’aruf bisa kita laksanakan untuk mengekspresikan kegembiraan dan mensyukuri datangnya bulan suci Ramadhan,” harapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Panitia Penyelenggara, H Abdurrani mengatakan kegiatan pawai ta’aruf ini merupakan tradisi dalam rangka menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan.

“Dalam kehidupan masyarakat-masyarakat islam, tradisi menyambut kedatangan bulan suci ramadhan dilakukan dengan kebahagiaan dan kegembiraan, maknanya adalah agar ibadah yang dilakukan pada bulan ramadhan dapat dilaksanakan secara ikhlas khidmat dan tawadu’ dan bukan merupakan beban,” katanya.

mendasari makna tersebut dalam rangka menyambut kedatangan bulan suci ramadhan tahun ini, semua ormas islam di Kota Sintang bersepakat salah satu kegiatannya adalah pawai taaruf syiar ramadhan,” kata H. Abdurrani.

Pawai ta’aruf bertujuan untuk mengembangkan syiar Islam dan silaturahmi. “pawai taaruf ini dimaksudkan disamping menjalin silaturahim sesama umat juga bertujuan sebagai sarana  pengembangan syiar islam dikalangan umat,” ujarnya.

Adapun jumlah peserta  pawai ta’aruf ini sebanyak 102 kendaraan roda empat dan 155 kendaraan roda dua yang berasal dari perwakilan ormas-ormas islam, lembaga/yayasan Pendidikan Islam, Masjid, Surau, dan  komunitas bikers. (dedek

__Posted on
05/05/2019
__Categories
BERITA TERKINI, SINTANG