UNBK Di Sintang Berjalan Lancar

Sintang, BK- Wakil Bupati Sintang, Askiman menilai, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP/MTS dan Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) se Kabupaten Sintang berjalan dengan lancar tidak ditemukannya kendala.

“UNBK dan UNKP masih berjalan aman, lancar, dan tertib  ya di Kota Sintang. Kita juga tidak ada mendapat keluhan dari peserta dan pelaksanannya. Untuk wilayah pedalaman kita harap bisa dibangun jaringan disana oleh Pempus,” ungkap Wakil Bupati Sintang, Askiman usai meninjau pelaksanaan UNBK dan UNKP, Senin (22/4/2019).

Kendati masih dalam suasana Pemilu, tambah Askiman, samoainsaat ini pihaknya belum menerima laporan dan keluhan dari sejumlah daerah yang melaksanakan UNBK.

“Dari daerah tidak ada laporan, karena ini persiapannya sudah luar biasa matang, sistemnya sudah berjalan dengan baik, walaupun masih dalam suasana pemilu tentunya pelaksanaan Ujian Nasional tidak berpengaruh, semuanya berjalan dengan lancar dan aman,” katanya.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Sintang, ada 37 sekolah yang melaksanakan UNBK dan 93 sekolah UNKP.

“Dari 37 sekolah itu ada 24 SMP, 13 Madrasah Tsanawiyah, dan 93 sekolah UNKP,” ungkap Kadisdikbud Sintang, Lindra Azmar.

Sementara, peserta yang mengikuti UNBK dan UNKP tingkat SMP di Kabupaten Sintang sebanyak 7.559 peserta. Selain itu, Ujian Nasional pada tingkat Sekolah Dasar (SD) menggunakan sistem kertas dan pensil sebanyak 432 SD dengan jumlah pesertanya sebanyak 8.621 siswa-siswi.

Askiman juga mengakui masih adanya kendala jaringan internet di wilayah pedalaman. Karenannya, Pemerintah Pusat (Pempus) diharapkan agar membangun sistem jaringan internet, khususnya wilayah pedalaman. Langkah itu dinilainya penting untuk dilakukan dalam mendukung dan mensukseskan pelaksanaan UNBK.

“ya jaringan internet kita belum sampai ke desa-desa di Kabupaten Sintang, dengan demikian kita berharap agar Pemerintah Pusat berkehendak secara total agar kedepannya sistem jaringan internet harus bisa sampai ke pelosok negeri, jika ingin menggunakan ujian nasional berbasis komputer, kalau itu lancar, tentunya akan bagus dan luar biasa pelaksanaan UNBK nya”, harapnya.

Terpisah, anggota Dewan Sintang, Kusnadi berharap pelaksanaan UNBK dan UNKP tahun 2019 dapat berjalan aman dan lancar. Meskipun masih ditemukan kendala utama, khususnya wilayah pedalaman Sintang.

Persoalan jaringan internet di wilayah pedalaman, menurutnya, selalu dialami Sintang dari tahun ke tahun dan belum mendapatkan solusi riil. “Kita harap ini menjadi perhatian bersama baik Pemkab Sintang, Provinsi, dan Pempus. Infrastruktur jaringan internet saat ini sangat penting, apalagi saat melaksanakan UNBK,” katanya.

DPRD Sintang, tambah Kusnadi, mendukung penuh pelaksanaan UNBK tingkat SMP/MTS se Kabupaten Sintang. Olehkarenanya, diharapkan kepada peserta UNBK agar dapat mengikutinya dengan serius dan teliti.

“Kita harap anak-anak kita lulus 100 persen UNBK ya, ” tutupnya. (dedek)

__Posted on
04/25/2019
__Categories
BERITA TERKINI, SINTANG