Tak Netral di Pemilu, Ini Sanksi Bagi TNI

SINTANG, BK – Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Mulyono bersama Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana, Ny Sita Mulyono melakukan kunjungan kerja di Batalyon 642/Kapuas Sintang.

Dalam kunjungan kerja tersebut Kasad didampingi Asisten Operasi Kasad, Mayor Jenderal  TNI Moch. Fachruddin., Asisten Logistik Kasad, Mayor Jenderal TNI Jani Iswanto, M.A., dan Kepala Dinas Penerangan Angkatan Darat, Brigadir Jenderal TNI Chandra Wijaya, Panglima Kodam XII/Tpr, Mayor Jenderal TNI Achmad Supriyadi , bersama para pejabat teras Kodam XII/Tpr, Selasa (6/11/2018).

Menurut Kasad, kunjungan tersebut merupakan salah satu program kerja ketika dirinya menjabat. Sebagai Kasad, dirinya berkewajiban mengunjungi satuan-satuan dibawah Angkatan Darat (AD). \

“Saya memang berniat mengunjungi satuan-satuan, khususnya satuan tempur. Walaupun pada kesempatan lain saya mengunjungi satuan komando kewilayahan,” Beber Kasad pada sejumlah awak media di Sintang.

Tujuannya, kata Kasad, dirinya ingin mengetahui postur satuan, baik itu personil, aspek pangkalan, professionalisme maupun bidang latihan guna mengetahui apakah anggota melakukan dengan benar atau tidak.

“Ini salah satu yang harus saya lakukan. Semua itu akan dijadikan bahan evaluasi saya untuk mendukung tuntutan mereka. Ini  menjadi kepentingan yang saya utamakan karena satuan-satuan itulah ujung tombak Angkatan Dara. Saya tahu tugas mereka berat.  Mereka dituntut untuk melakukan tugas dan mengatasi permasalahan yang ada diwilayahnya. Maka, hal itu menjadi kepentingan yang harus saya utamakan untuk mengetahui bagaimana mereka,” jelas Kasad.

Kesempatan  itu , kata Kasad, dirinya juga menyampaikan terima kasih pada anggota karena sudah melaksanakan tugas dengan baik. “Tugas-tugas yang diberikan sudah dilsaksanakan dengan baik. Mereka banyak melakukan keberhasilan dalam tugas operasi. Kemudian dalam Pemilu lalu mereka juga melaksanakan tugas dengan baik pula. Itu semua bermuara pada Angkatan Darat pada khususnya, dan TNI pada umumnya yang mendapatkan kepercayaan dari Rakyat. Itu yang paling utama dan saya apresiasi. Supaya kedepan mereka bisa melaksanakan tugas dengan lebih baik lagi,” harapnya.

“Pesan yang saya sampaikan, saya bangga dengan mereka. Kemudian pembinaan satuan yang sudah dilakukan supaya dilanjutkan terus. Agar, satuan melahirkan prajurit yang handal, profesional dan bermoral. Itu sangat penting sekali, karena itulah dasar pelaksanaan tugas mereka,” tegas Kasad.

Kasad Jenderal TNI Mulyano menegaskan komitmen TNI menjaga netralitas dalam Pemilu. Seperti yang sudah disampaikan Panglima TNI, kata Kasad, kedepan tidak ada kata lain untuk TNI yakni harus netral.\

“Tugas TNI adalah menjamin keamanan dan kelancaran saat Pilkada. Netralitas itu dituntut dan jadi pedoman. Jika ada yang melanggar, pasti ada sanksi,”Tegas Kasad. (Pul)

__Posted on
11/07/2018
__Categories
SINTANG