Tekan Angka Pengangguran

Sintang,BK- Pemerintah Kabupaten Sintang dinilai perlu melakukan sejumlah langkah strategis untuk menekan angka pengangguran di Sintang. Salah satunya melalui berbagai terobosan sebagai upaya menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat.

“Di tengah kesulitan ekonomi seperti sekarang ini, banyak dari saudara-saudara kita yang tidak tahu harus bagaimana lagi untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Apalagi pekerjaan yang semakin sulit didapatkan, sehingga kondisi tersebut dapat membuat seseorang menjadi gelap mata,” ucap anggota DPRD Sintang, Kusnadi, kemarin.

Wakil rakyat asal Dapil Kecamatan Sepauk – Kecamatan Tempunak ini berpendapat, pemerintah daerah bersama masyarakat harus dapat mengubah cara berpikir seseorang. Agar tidak semata-mata berorientasi pada mencari pekerjaan saja.

“Padahal banyak usia produktif yang mampu menjadi pengusaha serta menciptakan lapangan kerja sendiri,” ujarnya.

Legislator Partai PKB ini menuturkan, pemerintah jangan hanya bisa menargetkan tingkat kelulusan SMA/sederajat sekian persen setiap tahun.

“Sementara tidak mencarikan solusi mau kemana mereka setelah selesai sekolah. Karena yang kuliah dari jumlah kelulusan sangat minim,” tegasnya.

Sebagai generasi muda Indonesia, tambah Kusnadi, harus bisa mengubah mindset selama ini yang selalu ingin menjadi PNS atau karyawan. Melainkan menjadi entrepreneur muda yang menciptakan lapangan kerja sendiri.

Untuk mendukung itu, pemerintah harus mendukung melalui program-program yang pro rakyat. “Harus berubah tekad yaitu menjadi entrepreneur muda, sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan, bukan malah mencari pekerjaan,” tuturnya. (Dedex)

__Posted on
07/24/2018
__Categories
SINTANG