Jangan Jual Buku ke Siswa

Sintang,BK- Sekolah diharapkan bisa memaksimalkan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk pengadaan buku pelajaran. Langkah itu penting, sehingga pihak sekolah tidak memperjualbelikan buku kepada para siswa.

“Bagi orangtua siswa yang mampu memang tidak masalah. Tetapi, kebanyakan orangtua siswa yang kurang mampu mengeluhkan soal ini,” ujar Wakil Ketua DPRD Sintang, Terry Ibrahim, kemarin.

Legislator Partai Nasdem ini berpendapat, kebijakan pemerintah daerah sudah jelas melarang setiap sekolah untuk menjual buku pelajaran kepada setiap siswa.

“Pengadaan buku pelajaran sekolah sudah dibiayai oleh pemerintah. Melalui BOS yang diberikan kepada setiap sekolah. Dinas terkait bertanggung jawab untuk melakukan pengawasan jika ada ihakk sekolah yang menjual buku kepada siswanya,” tegas Terry.

MenurutTerry, dana BOS harus dimaksimalkan untuk membeli buku pelajaran dan disimpan di perpustakaan. Kemudian, buku pelajaran tersebut dipinjamkan secara bergantian sesuai dengan jadwal pelajaran siswa.

“Saya harap pihak sekolah kreatif dalam mengatasi hal ini. Bukan mengambil jalan pintas dengan menjual buku. Kasihan orangtua siswa yang tidak mampu. Karena ini menjadi masalah buat mereka,” ulasnya. (Dedex)

__Posted on
07/24/2018
__Categories
SINTANG