Jangan Anggap Enteng Imunisasi

Sintang,BK- Maraknya wabah penyakit saat ini, seperti difteri, penyakit mematikan yang disebabkan bakteri Corynebacteriun Diptheriae, mesti menjadi perhatian seluruh pihak di Kabupaten Sintang. Ini bukan masalah sepele.

“Dinas terkait harus cepat mengatasinya dan memperkuat upaya pencegahan,” kata Anggota DPRD Sintang, Ghulam Raziq, kemarin.

Pencegahannya, jelas Raziq, bisa saja dengan menggencarkan sosialisasi ke masyarakat tentang bahaya dan cara menghindari difteri ataupun wabah penyakit lainnya.

Salah satu upaya pencegahan dari penyakit difteri ini dengan imunisasi. “Kepada masyarakat, jangan anggap enteng imunisasi, segera imunisasi anak-anak sesuai dengan umur,” pesan Raziq.

Masyarakat, tambah Raziq, harus aktif membawa anak-anaknya ke Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu).

“Rutin berkomunikasi dengan tenaga-tenaga kesehatan, baik di tingkat dusun maupun desa,” imbaunya.

Terkait dengan masih adanya warga yang menolak imunisasi, menurut Raziq, ini menjadi Pekerjaan Rumah (PR) semua lini, bagaimana bekerjasama agar masyarakat mengerti manfaat imunisasi.

“Mungkin instansi terkait dapat bekerjasama dengan pemerintahan di desa atau dusun. Kemudian yang tidak kalah penting, melibatkan pemuka atau pembina agama di kelompok-kelompok masyarakat,” papar Raziq.

Menurutnya, pelibatan pemuka atau pembina agama, sangat efektif untuk mengajak kelompok masyarakat, agar mau membawa anak-anaknya ke fasilitas kesehatan untuk imunisasi.

“Dinas Kesehatan harus bekerja keras mensosialisasikan bahaya bila anak tidak diimunisasi,” tutup Raziq. (Dedex)

__Posted on
07/24/2018
__Categories
Uncategorized