Kapuas Raya Semakin Mendesak

Sintang, BK- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang Anton Yusdianto menilai Pembentukan Provinsi Kapuas Raya (PKR) sudah seharusnya dikabulkan, pasalnya luas geografis Kabupaten Sintang tidak sebanding dengan anggaran yang masih dari pemerintah pusat.
“Kalbar jika dilihat dari kebutuhan, idealnya dimekarkan menjadi tiga Provinsi,” kata Anggota DPRD Sintang, Anton Isdianto, kemarin.
Jika dilihat dari luas kawasan, Provinsi Kalbar tiga kali luas pulau Jawa.”Harus sudah mulai memekarkan Desa, Kecamatan dan Provinsi. Paling tidak di 2025 sudah dapat diwujudkan,” kata Anton.
Bukan saja dilihat dari luas wilayah, kata Anton, pemekaran Provinsi Kalbar sangat penting demi menyejahterakan masyarakat yang saat ini tersebar di 14 kabupaten/kota.
“Jika pemekaran provinsi terwujud, maka sistem pemerintahan akan merata dan pembangunan dapat dirasakan di seluruh kawasan hingga pedalaman Kalbar,” kata Anton.
Diakuinya, memang tidak mudah mewujudkan pemekaran provinsi. Tetapi dengan koordinasi pemerintah serta pihak terkait yang intens, PKR pasti terwujud.
Dia juga mengajak semua stakeholder terkait untuk bersama-sama mendorong proses pemekaran Provinsi Kapuas Raya.
“Seluruh pemimpin dan stakeholder yang ada di Kalbar. Mulai kabupaten yang mau memekarkan diri, pemerintah, legislatif serta DPR maupun pemerintah pusat mesti duduk bersama bagaimana Kalbar yang luas ini segera kita mekarkan,” ulasnya. (Dedex)

__Posted on
06/09/2018
__Categories
BERITA TERKINI