Mahasiswa Berharap Pemda Ketapang Serius Dukung Kegiatan Kemahasiswaan

Keterangan Foto: Mahasiswa Ketapang Berfoto Pasca Kegiatan

PONTIANAK, BERITA KALBAR. COM– Mahasiswa Kabupaten Ketapang mengadakan Pertemuan akbar yang dilangsungkan pada 26 mei 2018 mendatang, itu di sampaikan Deni tryawan Ketua panitia mubes.

Deni tryawan menjelaskan, mubes itu merupakan sarana mahasiswa kabupaten ketapang yang berada di pontianak untuk bersilaturahmi saling bertukar pikiran agar terbentuknya organisasi yang legal yg dapat mewadahi Mahasiswa/i kabupaten Ketapang sehingga kita dapat berperan produktif untuk hadir dalam problematika kedaerahan saat ini yg dihadapi masyarakat.

“Pertemuan ini diinisiasi pertama kali oleh senior dan mahasiswa kabupaten Ketapang yang ada di Pontianak dan dibentuk kepanitiaan 6 mei 2018” kata Deni tryawan.

Musyawarah mahasiswa kabupaten Ketapang dilaksanakan dan di hadiri 11 perwakilan dari kecamatan yang ada di kabupaten ketapang, pada tanggal 10 Mei 2018 di gedung KNPI, yang dihadiri lebih dari 150 mahasiswa kabupaten ketapang.

Bentuk kegiatan selain diskusi juga media konsolidasi mahasiswa berbagai kecamatan untuk salaing bertukar pendapat dan menyatukan presepsi sehingga kita berkomitmen bersama untuk melaksanakan Mubes.

Lanjutnya, Mubes itu bertujuan untuk melatih daya pikir, meningkatkan pengetahuan dan kapasitas Skill sebagai mahasiswa untuk merancang beberapa hal yang penting untuk disepakati, seperti pembahasan arah tujuan organisasi, merumuskan AD/ART sekaligus menentukan kepengurusan dan merancang program kerja serta agenda internal maupun eksternal yang akan dilakukan.

Selain itu, juga untuk mewadahi kepentingan bersama juga sebagai sarana terjalinnya kebersamaan dan kekeluargaan.

Menurutnya, mubes ini penting dilakukan untuk wadah untuk menghimpun mahasiswa kabupaten Ketapang sehingga dapat dikembangkan sebagai sarana edukasi mahasiswa untuk berdiskusi berkreasi inovatif membuat aktivitas-aktivitas kreatifitas didalam organisasi serta produktif berperan dalam masyarakat.

Namun organisasi yang menghimpun mahasiswa kabupaten Ketapang yang ada Di Pontianak sampai saat ini sudah fakum dan belum ada yang mendesak sehingga organisasi hidup kembali dengan baik dan mahasiswa dapat terwadahi masih belum tersedia.

“Untuk menghidupkan kembali Ruh organisasi terhadap keberadaannya, mengingat kebutuhan mahasiswa dan potensinya memungkinkan untuk diwujudkan, dimanfaatkan dan dikembangkan maka mubes mahasiswa kabupaten Ketapang, perlu untuk dilaksanakan, sehingga dapat dijadikan wadah yang menghimpun mahasiswa dalam rangka menjalin kebersamaan kekeluargaan untuk memaksimalkan fungsi organisasi”. ungkap Deni tryawan.

Dilain pihak untuk menyiapkan ini bukan hanya tanggung jawab bersama melainkan tanggung jawab mahasiswa kabupaten Ketapang yang ada di pontianak agar tidak menimbulkan risiko yang buruk yaitu hilangn serta punahnya daya pemikirian kritis mahasiswa sebagai social of control, mahasiswa sebagai agent of change.

“Posisi peran penting kita sebagai mahasiswa sebagai elemen generasi muda dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara, menegaskan akan sebuah kekuatan multi dimensi potensial yang dimilikinya. Peran tersebut diwujudkan atas dasar sikap kritis dan responsive yang selalu ditampilkan dalam mencermati nadi kehidupan disekitarnya” lanjutnya

Ia juga berharap peran aktif mahasiswa ini dengan kegiatan Mubes yang sudah diagendakan dalam kegiatan Musyawarah dapat membantu memberikan solusi yang dapat digunakan untuk bagi semua pihak.

“Kegiatan ini merupakan suatu hal yang perlu didukung, mengingat hal tersebut akan lebih mampu mematangkan mahasiswa sebagai generasi muda dalam mempersiapkan diri dan untuk menyusun atau merancang action plan untuk agenda-agenda internal maupun eksternal kedepan” harapan Deni tryawan. (ASA)

Editor: Adang Hamdan

__Posted on
05/13/2018
__Categories
KETAPANG