Pesan Bupati Menjelang Pemilu Serentak

Pesan Bupati Jelang Pemilu Serentak

SINTANG, BK- Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH menghadiri pagelaran seni budaya dalam rangka menyonsong  satu tahun pemilu serentak se-Indonesia yang di gelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang Sabtu (21/4/2018) di Indoor Apang Semangai Sintang.

Dalam sambutanya itu Jarot mengatakan Pemerintah Kabupaten Sintang sangat memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan pagelaran seni budaya yang diselenggarakan KPUD Sintang.

“Ini merupakan wujud syukur bangsa Indonesia dalam menyonsong 1 tahun pesta demokrasi atau pemilu secara serentak di Indonesia,” kata Jarot.

Dalam menyonsong pesta demokrasi serentak ini ,Jarot juga mengingatkan makna demokrasi yang di kenal dalam bahasa latin yakni Vox Populi Vox Dei yang artinya suara rakyat adalah suara Tuhan.

“Kalau suara rakyat kita hambat,dengan penyelenggaraan pemilu yang tertatih-tatih, yang tidak lancar, gangguan keamanan disana-sini, unjuk rasa, intimidasi, politik rasial, money politik dimana-mana, maka yang kita dapatkan bukan suara murni rakyat, bukan suara rakyat adalah suara Tuhan,”kata  Jarot.

Jarot Optimis dalam penyelenggaran pemilu akan datang berjalan aman, tertib, bebas dan rahasia. Untuk mencapai hal tersebut harus di persiapkan dengan sebaik-baiknya.

“Saya mengajak seluruh elemen masyarakat, partai politik, pemerintah daerah, KPU, Panwaslu, dan semua unsur di Kabupaten Sintang kita bergandengan tangan untuk mewujudkan kualitas penyelenggaran pemilu khususnya di kabupaten sintang sehingga berjalan baik dan lancar sesuai dengan keingina bersama,”pinta jarot.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Sintang Supranto Aji mengatakan Pagelaran Seni Budaya Dalam Rangka Menyonsong  1 Tahun Pemilu Serentak Se-Indonesia ini adalah kegiatan sosialisasi yang di lakukan KPU secara serentak seluruh Indonesia.

“Kegiatan ini di maksudkan untuk memberikan pemahaman awal kepada lapisan masyarakat berkaitan dengan pemilu serentak tahun 2019, sehingga masyarakat di harapkan dapat mengetahui tahapan pemilu, peserta pemilu, dan tentinya dapat berpasrtisipasi dalam seluruh tahapan yang akan di laksanakan,”kata Supranto.

Supranto menjelaskan bahwa pemilu 2019 merupakan pemilu serentak pertama dalam sejarah kenegaraan Indonesia dimana akan memilih wakil-wakil rakyat di legislatif, sekaligus memilih kepala pemerintahan yaitu Presiden dan Wakil Presiden secara bersamaan sesuai dengan amanah undang-undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum. Untuk itu dengan keserentakan ini lanjut Supranto di butuhkan persiapan-persiapan agar pelaksanaanya berjalan dengan aman, tertib dan lancar.

“Sosialisasi yang masif kepada masyarakat sangat di butuhkan agar mereka memahami esensi pemilu dan mau menggunakan hak pilihnya,”Pungkasnya.(ono)

__Posted on
04/22/2018
__Categories
BERITA TERKINI, SINTANG