Investor diminta jaga hubungan dengan masyarakat

Sintang, BK– Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sintang Sandan meminta investor di kecamatan Serawai dan Ambalau bisa menjaga hubungan baik dengan masyarakat. Keharmonisan antara investor dan masyarakat menentukan iklim investasi supaya berjalan baik.

“Pihak perusahaan harus adil dengan masyarakat. Jerih payah masyarakat membantu perusahaan jangan dilupakan. Masyarakat hanya ingin perusahaan komitmen dengan janji awal saat sosialisasi investasi,” kata Sandan, di Serawai,

Menurut Sandan, managemen perusahaan yang berinvestasi harus membuka ruang komunikasi dengan masyarakat. Supaya ketidakharmonisan antara kedua belah pihak tidak terjadi. “Saya harap ada kerjasama yang baik,” kata Sandan.

Sandan menambahkan, persoalan kadang muncul saat managemen perusahaan berganti. Managemen baru tidak paham dengan sejarah saat investasi perusahaannya dirintis. Dimana sumbangsih masyarakat begitu besar. Kemudian saat bersosialisasi disampaikan komitmen perusahaan jika investasi sudah berjalan.

Karena itu, Sandan berharap investasi dibidang perkebunan maupun perkayuan di kecamatan Serawai dan Ambalau bisa berinvestasi dengan baik. Kemudian penuhi komitmen dengan masyarakat.

Ia juga tidak menginginkan muncul kasus kriminalisasi terhadap  masyarakat terkait investasi. Pelanggaran hukum, kata dia, pasti mempunyai pemicu. Akar persoalan tersebut yang mesti diselesaikan. “Ruang komunikasi harus dibuka,” kata dia.

Menurut Sandan, hubungan perusahaan dengan karyawan juga harus berjalan baik. Ia menyayangkan kejadian beberapa waktu lalu, karyawan harus masuk penjara, karena bermasalah dengan perusahaan.  Kejadian serupa tidak diinginkan terulang.

Sandan menambahkan sangat menolak bila masyarakat harus pada posisi disudutkan menuntut komitmen investor. Misal tanah sudah diserahkan, dan sudah dibersihkan perusahaan, tapi tak kunjung ditanami. “Lahan sudah digusur namun belum ditanami. Wajar kalau masyarakat mempertanyakan,” kata Sandan. (jie)

 

__Posted on
02/10/2018
__Categories
NASIONAL, SANGGAU