Gali Adat Istiadat Budaya

Sintang, BK- Adat istiadat dan budaya merupakan identitas dan harga diri masyarakat adat khusunya suku dayak. Oleh sebab itu harus di lestarikan dan di sampaikan kepada generasi muda agar tidak punah di telan jaman. Demikian diungkapkan Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman, MM sat menghadiri pelantikan ketemenggungan adat dusun sungai manan desa nanga tikan kecamatan kayan hilir kabupaten sintang minggu(30/7/17).

“saya minta kepengurusan ketemenggungan ini mampu menggali potensi adat istiadat dan budaya asli di sungai manan ini, karena sekarang bisa kita lihat adat budaya kita yang asli sudah mulai tergerus, ini tugas kita harus melestarikannya, terutama kepada generasi muda” ungkap askiman.

Askiman juga mengigatkan ketemenggungan yang baru ini juga harus mampu memperjuangkan hak masyarakat adat, mengingat sering sekali hak hak masyarakat adat di persalahgunakan.

“hak masyarakat adat juga harus di pertahankan, ini tugas ketemenggungan membantu masyarakat, mengingat hak hak masyarakat sering sekali menjadi masalah warga desa dengan pihak pihak lain”tutur askiman.

Dan yang tidak kalah penting juga, askiman minta adat basa kembali harus di ajarkan kepada generasi muda, agar menjadi pegangan sebagai identitas sopan santun masyarakat adat.” Adat basa itu harus di ajarkan kepada anak anak kita, contoh dalam sopan santun saat lewat di depan orang khusunya depan orang tua harus menundukan badan,itu sopan santun kita orang desa,cara berpakaian yang santun juga harus di ajarakan kepada anak anak kita” tutur askiman.

Ketua ketemenggungan terpilih dusun sungai manan Sebastianus Bajung menuturkan pasca di lantik tersebut kepengurusan ketemenggungan adat siap mengemban amanah seperti apa yang telah di sampaikan oleh wakil bupati sintang. Melalui momentum tersebut Bajung juga mengatakan siap memperjuangkan dan mengali kembali adat istiadat,hukum adat, budaya, adat basa dan hak hak masyarakat adat.

“Kami siap mengemban amanah ini, mengali adat budaya, mengajarkan kepada anak anak kita, dan yang terpenting hak hak masyarakat adat harus di perjuangkan oleh kami, kami siap membantu pemerintah kabupaten sintang dan juga minta dukungan pemerintah kabupaten sintang dalam kami menjalankan tugas ini, kami juga siap memegang netralitas dalam menjalankan tugas penegakan hukum adat”. Tutur bajung”

Bajung menambahkan, hak hak masyarakat adat saat ini sudah banyak yang hilang, untuk itu menjadi tugas ketemenggungan terpilih memperjuangkan kembali hak hak masyarakat adat.

“hak hak kita sebagai masyarakat adat sudah banyak yang hilang, ini harus kami perjuangakan, masyarakat adat sekarang ada yang tidak memilik hak haknya lagi karena sering mejadi polemik dengan pihak yang memiliki kepentingan tersendiri,”tambah bajung.(Humas Pemda)

__Posted on
02/01/2018
__Categories
BERITA TERKINI, SINTANG