Perusahaan Wajib Sediakan Kebun Tanah Kas Desa

Sintang, BK- Setiap perusahaan wajib menyediakan tanah kas desa untuk desa- desa yang berada di sekitar perkebunan. Aturan tersebut tertuang dalam peraturan Bupati (Perbub)

“Sesuai dengan Peraturan Bupati (perbub) yang telah di terbitkan, di mana pihak perusahaan berkewajiban menyediakan kebun tanah kas desa untuk semua desa yang ada di sekitar wilayah perkebunan,” kata Askiman Wakil Bupati Sintang saat memimpin rapat Evaluasi Tindak Lanjut Pertemuan Pembahasan Perkembangan Realisasi Tanah Kas Desa di balai pegodai rumah jabatan Wakil Bupati Sintang selasa siang (07/11/17).

Dalam proses realisasi tanah kas desa ini, jika pihak perusahaan tidak mengindahkan, maka sesuai dengan klausal pasal yang ada dalam perbup, pihak perusahan dapat diberikan sanksi. Bahkan sanksi terberat adalah pencabutan Izin.

Sampai saat ini kata Askiman, belum semua perusahaan melaksanakan peraturan tersebut. Seperti di sejumlah desa di Kecamatan Serawai, Sepauk dan Ambalau. Karena itu, Askiman berharap prusahaan segera menindak lajuti perbub yang telah di sahkan sejak lama.

“Untuk Kecamatan Ambalau, serawai dan sepauk pihak perusahaan belum melaksanakan karena masih belum memahami berkaitan perbup yang di maksud. Dengan demikian kita juga membuka peluang kepada mereka untuk dapat menyelesaikannya sampai pada akhir november ini semuanya tuntas,”jelas askiman.

Secara khusus di serawai, Askiman menuturkan bahwa awal mula yang menyerahkan lahan itu ada 10 desa tapi oleh karena adanya pemekaran desa menjadi 15 desa namun sudah di berikan penjelasakan meskipun adanya pemekaran desa juga menjadi tanggung jawab pihak perusahaan untuk membantu masyarakat di sekitar wilayah perkebunan itu.  (ono)

__Posted on
11/08/2017
__Categories
SINTANG