Ajak Generasi Muda Tidak Golput

Sintang, BK- Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang Antonius Viktorinus Tian mengajak generasi muda untuk tidak Golput dalam menghadapi pemilu serentak Gubernur dan wakil Gubernur Kalbar 2018 mendatang. Satu suara menurutnya akan menentukan pemimpin lima tahun kedepan
Hal tersebut disampaikan ketika memberi materi sosialisasi pemilih Pemula yang dilaksanakan Komite Pemantau Pemilu dan Pendidikan Politik Untuk Rakyat (KP4R) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri I Kelam Permai kemarin.
“Sosialisasi dilakukan untuk mendorong minat para siswa yang merupakan kalangan pemilih pemula untuk ikut serta menggunakan hak suaranya dalam Pilkada yang akan berlangsung pada 2018 mendatang,” kata Tian ketika ditemui media ini kemarin.
Fenomena yang terjadi saat ini banyak generasi muda yang acuh tak acuh terhadap pemilu.Hal ini berdampak pada masih rendahnya tingkat partisipasi masyarakat pada saat pemilu.”kami berharap partisipasi masyarakat dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar meningkat,”kata dia.
Untuk meningkatkan jumlah partisipasi pemilih pemula, kata dia, pihaknya saat ini sedang juga gencar melakukan sosialisasi untuk kalangan pemilih pemula yang didominasi dari kalangan pelajar.
“Semoga kegiatan ini memberikan hasil yang positif bagi pemilih pemula dalam meningkatkatkan pemahaman dan pengetahuan tentang pemilihan umum serta adanya kesadaran dan partisipasi dalam menggunakan hak pilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar mendatang,” tukasnya.
Sementara Supriyadi, S Hut Perwakilan dari Komite Pemantau Pemilu dan Pendidikan Politik Untuk Rakyat (KP4R) mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi bertujuan untuk memberikan informasi secara dini kepada pemilih pemula dan himbauan kepada peserta agar cerdas menggunakan hak pilihnya, mencermati visi misi paslon dan tidak mentolerir bentuk-bentuk politik uang maupun berita berita Hox yang kerap muncul di duni Maya.
“Satu suara menentukan Kalimantan Barat lima tahun kedepan, Karena iru saya mengajak jadilah pemilih yang cerdas,” tuturnya.
Sosialisasi yang di gelar KP4R disambut antusias dari Siswa Siswi SMK I Kelam. Tidak jarang Siswa saling berinteraksi. Bahkan tidak sungkan sungkan siswa siswi yang mengikuti Sosialisasi menyampaikan pertanyaan seputar kepemiluan.(ono)

__Posted on
11/01/2017
__Categories
BERITA TERKINI