Petakan Jabatan Eslon IV

Sintang, BK- Pemerintah Kabupaten Sintang melakukan pemetaan kompetensi bagi jabatan struktural eslon IV. Pemetaan dipandang perlu guna mengisi sejumlah jabatan di masing-masing SKPD.

Asisten Administrasi Umum Sekretaris Daerah, Drs. Marchues Afen.,M.Si dalam sambutanya mengatakan bahwa pemetaan kompetensi bagi jabatan struktural eslon IV merupakan implementasi demokrasi dalam tata kelola kepegawaian di lingkungan pemerintahan baik di tingkat pusat maupun di tingkat kabupaten.

“Kegiatan pemetaan kompetensi ini juga merupakan bagian dari mekanisme lelang jabatan,” kata Marchues Afen ketika membuka kegiatan pemetaan kompetensi bagi pejabat struktural Eselon IV di aula Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang, Rabu (11/10/2017)

Menurut Afen ASN merupakan unsur utama dalam mewujudkan tujuan nasional untuk melaksanakan tugas pelayanan publik, tugas pemerintahan dan tugas pembangunan tertentu untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran seluruh masyarakat,” tambahnya.

“saat ini masyarakat menginginkan aparatur negara yang memiliki integritas dan profesional,” kata Afen.

Untuk itu kata Afen, ASN dalam menjalankan tugasnya wajib memiliki kualifikasi, kompetensi dan kinerja yang telah dipersyaratkan dalam jabatan.

Hal sama juga diungkapkan Kepala Bidang Data dan Pengembangan Pegawai Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sintang, Agustinus, S.Sos, M.Si, menurutnya, kegiatan ini bertujuan sebagai pedoman bagi pejabat pembina kepegawaian atau pejabat lain yang terkait dalam melakukan penilaian kompetensi jabatan.

“Sasaran kegiatan ini untuk memberikan gambaran kepada pejabat pembina kepegawaian tentang kemampuan pejabat struktural berkenaan dengan analisa strategis, fleksibilitas berpikir, komunikasi lisan, komunikasi tulisan, kegigihan, pengambilan resiko, pengmabilan keputusan strategis, perencanaan dan pengorganisasian, berorientasi pada pelayanan, negosiasi, membangun hubungan kerjasama strategis, memfasilitasi perubahan dan kepemimpinan strategis,” ujarnya.

Peserta kegiatan sebanyak 73 orang, terdiri dari para pejabat struktural eselon IV yang keseluruhan berasal dari SKPD di lingkungan Pemda Sintang. (ono)

__Posted on
10/11/2017
__Categories
BERITA TERKINI