Diduga Pungli, ASN Di Amankan Polisi

SINTANG, BK- Seorang oknum Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang ditangkap anggota Satuan Reskrim Polres Sintang dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) karena diduga melakukan Pungutan Liar (Pungli).

“Barang bukti dan pelaku sudah diamankan,” ujar Kasat Reskrim Polres Sintang, AKP Eko Mardianto, Rabu (12/4/2017).

Saat ini petugas sedang melakukan pemeriksaan secara intens terhadap oknum tersebut. Sudah ada sepuluh saksi dimintai keterangannya. “Tidak menutup kemungkinan jumlah saksi bakal bertambah,” kata Eko.

Ditanya modus pelaku dalam melakukan Pungli? Eko belum dapat memaparkan secara terperinci karena alasan oknum tersebut masih dalam pemeriksaan secara intens oleh petugas.

“Kita belum tahu. Nanti jika pemeriksaan sudah selesai dilakukan, maka akan kita publikasikan,” ucapnya.

Informasi didapat, oknum ASN bertugas di Dinas Perhubungan (Dishub) Sintang berinisial FM. Ia tertangkap tangan dalam operasi tangkap tangan yang dilakukan Polres Sintang, Minggu (9/4/2017) malam.

Terpisah, Bupati Sintang Jarot Winarno membenarkan telah dilakukan penangkapan terhadap oknum ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang atas dugaan Pungli.

Jarot menyerahkan sepenuhnya kasus tersebut kepada Polres Sintang untuk dilakukan penyelidikan dan penyidikan.

“Kita tidak akan mengintervensi perbuatan oknum itu. Sepenuhnya kita serahkan proses hukumnya ke Polres Sintang,” tegas Jarot.

Bahkan Jarot meminta kepada seluruh lapisan masyarakat Sintang untuk menginformasikan kepada aparat penegak hukum apa bila menemukan atau mengetahui adanya praktik Pungli di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang.

“Laporkan jika memang ada. Kita sekarang sudah ada tim saber Pungli. Nah, jika ada oknum kita yang melakukan Pungli, segera informasikan kepada tim saber Pungli,” pesan Jarot.

Menurut Jarot, besar atau kecil Pungli tetap ditindak. Sebab, aturan, prosedur, dan hukum harus ditegakkan. “Saya harapkan, kejadian ini dapat menjadi pembelajaran bersama bagi seluruh ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang,” pungkasnya. (Jie)

__Posted on
04/13/2017
__Categories
BERITA TERKINI, SINTANG