Bupati Sintang Lantik 196 Pejabat Eselon II Dan III

Sintang,BK- Sebanyak 32 Pejabat Eselon II dan 164 pejabat eselon III di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang secara resmi dikukuhkan dan dilantik oleh Bupati Sintang H. Jarot Winarno pada Rabu, (25/1) di Gedung Pancasila.

Meski Pelantikan dan pengukuhan  sempat diundur lantaran padatnya jadwal Bupati dan Wakil Bupati Sintang, namun pelaksanaanya berjalan dengan lancar.

Bupati Sintang, Jarot Winarno dalam sambutanya mengatakan Pelantikan dan pengukuhan Pejabat merupakan merespon keluarnya Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah.

Dari 196 jabatan eselon II  dan III yang ada, saat ini yang dikukuhkan dan dilantik sebanyak 1 orang eselon II/a, 31 orang eselon II/b, 60 orang eselon III/a dan 104 eselon III/b.

“Kita menghadapi tantangan tugas yang semakin berat dan kompleks. kita dituntut mampu beradaptasi dengan tepat, meningkatkan kapasitas sesuai tuntutan zaman serta membuktikan sistem yang kita miliki dapat dipercaya oleh masyarakat,”tukasnya.

Jarot mengakui, pelantikan yang dilaksanakan hari ini menjadi proses awal dan akan terus berlanjut. sambil menunggu finalisasi Perda kecamatan, pengisian formasi eselon 3 dan eselon 4  di kecamatan baru, juga akan dilakukan secepatnya.  dalam rentang 1 tahun ke depan, akan ada 3 jabatan eselon 2 yang kosong.

“Saya rencanakan 3 jabatan tersebut di lelang jabatan agar  diperoleh orang yang tepat di jabatan yang tepat atau the right man on the right place, sehingga mendorong kinerja pemerintah daerah,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Jarot juga mengatakan pelantikan ini juga sebagai wujud konsolidasi internal kita mencapai visi, misi dan prime mover pembangunan kabupaten sintang periode 2016-2021.

“visi dan misi pembangunan harus mengarah pada simpul utama yang saya sebut enam penggerak utama atau prime mover pembangunan, yaitu membangun kabupaten sintang dari pinggiran, penataan dan pemekaran wilayah, hilirisasi produk, aksesibilitas terhadap sumber daya listrik, kegawatdaruratan infrastruktur serta tata kelola pemerintahan yang baik & bersih,” tuturnya.

 “Saya pastikan tidaklah ringan mengurus 6 prime mover pembangunan daerah kita. hadirnya team work pejabat yang mampu menterjemahkan kebijakan teknis dan mengimplementasikan program di 6 prime mover tersebut, sangat diharapkan. harus kita tinggalkan tindakan ego sektoral dalam bekerja, menuju pola bekerja dengan membangun sinergi,” tukasnya.

maka, kriteria mengisi jabatan ini, didasari jenjang karir, pengalaman yang dimiliki, kemampuan dan prestasi, kebugaran fisik serta integritas pribadi. saya tegaskan, semua jabatan sama pentingnya, tidak ada yang lebih satu dengan lainnya, apalagi dianggap suatu jabatan sebagai tempat buang sampah.

“Jabatan staf ahli bupati misalnya, saya pahami sangat strategis dan akan difungsikan dengan optimal guna mendukung organisasi yang solid. staf ahli bupati juga akan saya posisikan sebagai wakil koordinator pencapaian 6 prime mover pembangunan daerah kita,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang baik ini, Jarot memberikan arahan kepada saudara-saudari yang dilantik pada hari ini. pertama; saya berkeyakinan saudara-saudari mampu mengemban jabatan ini sebaik-baiknya. pada tataran pejabat eselon ii atau jabatan pimpinan tinggi, saudara dituntut memiliki kompetensi strategis sebagai dasar kebijakan. sedangkan bagi pejabat eselon iii atau pejabat administrator, saudara dituntut memiliki kompetensi taktikal dalam mengeksekusi kebijakan.

 

kedua; pegang teguhlah komitmen untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih, jauhi segala bentuk kkn dan pungli, pedomani peraturan perundang-undangan yang berlaku serta perkuat loyalitas kepada pimpinan, agar  tercipta kesatuan perintah serta gerak langkah organisasi dalam bekerja.

 ketiga; saat ini Kami harus bergegas merealisasikan APBD tahun 2017 sebagai instrumen fiskal yang menjaga pertumbuhan ekonomi daerah dan pelayanan publik. saya tetap berkomitmen pelelangan kegiatan sudah dapat dimulai lebih awal. tugas saudara-saudari, segera mengambil langkah-langkah persiapan pelelangan kegiatan di semua skpd. terapkan prinsip efisien, efektif, transparan, akuntabel  dan optimal dalam serapan anggaran di setiap skpd tahun anggaran 2017.

 keempat; secara khusus saya meminta perhatian para istri pejabat eselon 2 yang dilantik, agar dapat mendukung tugas suami dengan sebaik-baiknya. jadilah pendamping yang memotivasi dan memberi semangat positif kepada suami dalam bekerja. melalui organisasi dharma wanita, saudari semua dapat ikut serta berkiprah untuk membangun Kabupaten sintang.

“Saya berharap semua pejabat eselon II dan eselon  III yang dilantik hari ini, dapat melaksanakanlah amanah jabatan  dengan penuh tanggung jawab, dedikasi dan ketulusan mengabdi. semoga allah swt, tuhan yang maha esa, selalu memberikan kekuatan lahir dan bathin kepada kita semua dalam mengemban tugas yang mulia ini,” pungkasnya.(rilis Pemda)

__Posted on
01/25/2017