Wisata Air Terjun Nokan Cecak Belum Tergarap

Sintang, BK- Desa Kemangai tidak asing lagi dikalangan masyarakat Kecamatan Ambalau. Meski jauh dari pusat Kota, Desa yang berada di timur Kabupaten Sintang ini memiliki potensi wisata yang sangat menajubkan.
Satu diantaranya adalah Air terjun Nokan Cecak. Jika dilihat dari kejauhan air terjun ini Nokan Cecak ini ini mirip air terjun huangguosu yang berada di cina. Sayangnya Air terjun Noikan cecak belum banyak di ketahui masyarakat luar.
Air terjun ini hanya dikunjungi masyarakat yang berada di sekitar kecamatan ambalau. Selain memiliki potensi wisata yang cukup mengasyikan, Nokan cecak juga memiliki ribuan ekosistem air. Berbagai jenis ikan hidup di sekitar air terjun itu.
Desta satu diantara warga yang pernah tinggal di Ambalau mengaku air terjun nokan cecak yang berada di nanga Kemangai cukup mempesona. Selain keindahan alamnya, Nokan cecak juga memiliki sejumlah keunikan. “Kami kalau liburan sering kesana bang,” kata ketika ditemui media ini kemarin
Desta mengaku belum banyak masyarakat Sintang yang tahu air terjun Nokan cecak. Sebagian besar orang yang berkunjung hanya masyarakat local di sekitar air terjun.“Ramai sih yang datang, tapi kebanyakan orang di ambalau. Dari Sintang belum banyak,” imbuh Desta.
 Tidak hanya Nokan cecak. Di Kecamatan Ambalau juga banyak potensi wisata yang belum tergarap. Ia berharap Pemerintah dapat lebih memperhatikan wisata di kecamatan ambalau. “Air terjun disana banyak bang. Kalau pergi kesana memakan waktu 6 sampai 7 jam perjalanan,” pungkasnya. (jie)
__Posted on
01/20/2017