Wilayah Perhuluan Masih Andalkan Transportasi Sungai

Sintang, BK– Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan informasi (Dishubkominfo) Sintang Hatta mengatakan wilayah perhuluan masih mengandalkan sungai sebagai akses transportasi bagi masyarakat. Kendati hampir menyuluruh tiap kecamatan juga masih banyak memilih sungai untuk jalur transportasi.
“Kalau seperti kecamatan Serawai dan Ambalau memang masyarakat menggantungkan sungai sebagai jalur transportasi, karena belum didukung dengan akses darat,” kata Hatta.
Menurut Hatta, untuk angkutan sungai di wilayah perhuluan terdata di Dishubkominfo. Motorisnya kebanyakan sudah berpengalaman. Seiring medan di perhuluan cukup berat untuk dilalui, dengan jalurnya banyak riam.
“Pengalaman semua. Malam-malam juga ada yang berani melintas. Tidak bisa sembarangan untuk motoris di wilayah perhuluan,” kata Hatta.
Ia menambahkan jalur Ketungau juga banyak masyarakat menggunakan jalur sungai untuk kemudahan angkutan barang. Kendati akses ke Ketungau sudah bisa dilalui menggunakan jalur darat.
Sementara beberapa desa di dalam kecamatan Sintang juga ada menggunakan jalur sungai sebagai jalur transportasi. Misal desa Tretung dan Teluk Klansam. Jalan menuju kedua desa tersebut kendati sudah terhubung dengan jalan darat. Masyarakatnya terkadang tetap menjatuhkan pilihan memakai jalur sungai untuk ke ibukota kecamatan.
Hatta menambahkan untuk masyarakat Sintang, angkutan sungai sebagian merupakan kendaraan pribadi. Kemudian angkutan umum jalur sungai juga tersedia. “Angkutan umum kendaraan air trayek Sintang ke wilayah perhuluan mudah didapat. Intinya akomodasi masyarakat lancar,” kata Hatta.
Menurut Hatta sebagian masyarakat selain wilayah perhuluan menggunakan jalur sungai, menyesuaikan faktor cuaca. Karena kondisi jalan sangat dipengaruhi faktor alam. “Kalau musim kemarau jalan agak bagus. Jika musim hujan, jalan agak sulit dilintasi,” kata Hatta.
Ia menambahkan angkutan darat menuju ke kecamatan juga tersedia angkutan umumnya. Misal Sintang ke Nanga Mau. Kemudian Sintang-Merakai. Hanya saja jalan yang dilalui masih sangat dipengaruhi keadaan cuaca.(jie)

__Posted on
01/10/2017