Pensiun Harus Kembalikan Kendaraan Dinas

SINTANG, BK- Pegawai Negeri Sipil harus mengembalikan kendaraan dinas bila sudah pensiun. Pasalnya, hak akan kendaraan pensiun langsung hilang jika pensiun. Demikian kata sekretaris dinas pengelolaan keuangan dan aset daerah (DPKAD), Mislan, belum lama ini.

“kendaraan dinas diberikan sebagai penunjang kinerja pegawai. Mobil dinas sifatnya peminjaman dari pemerintah. Maka hanya diperkenankan digunakan buat kepentingan dinas.Ia menambahkan, secara aturan kendaraan dinas hanya boleh digunakan pegawai yang menerima,”kata Mislan.

Selain yang bersangkutan dilarang. Pasalnya, kendaraan dinas merupakan aset. Kemudian segala kebutuhan menyangkut pembiayaan bahan bakar dan perawatan menjadi tanggungjawab daerah. Ia mengatakan kendaraan dinas juga dapat ditarik dari pemegang kendati belum pensiun. Misal pindah dari SKPD semula yang memberikan fasilitas mobil dinas, meski masih dalam lingkup pemkab Sintang. “Karena, pajak dibebankan kepada SKPD sesuai mobil dinas tercatat,” katanya.

Menurut Mislan kendaraan dinas terdiri atas mobil dan sepeda motor. Pegawai pemkab, lanjutnya, yang boleh menikmati kendaraan dinas berupa mobil mulai eselon III. Sementara sepeda motor mulai dari pejabat eselon IV. Sementara untuk kendaraan dinas masih berplat luar, misal kendaraan dinas bantuan pusat, tapi digunakan pegawai Pemkab, lanjut Mislan, pemkab tidak dapat membantu biaya perawatan. Begitu juga pembayaran pajaknya.

“Kecuali sudah dibalik nama menjadi aset Pemkab Sintang,” katanya.

Misal mencontohkan, seperti kendaraan penyuluh, dan tenaga kesehatan, sebagian ada yang merupakan bantuan pusat. Kendaraan tersebut merupakan aset sesuai Kementrian yang memberikan. Karena itu, Pemkab tidak dapat memasukkannya sebagai aset. 

Sementara untuk kendaraan dinas milik Pemkab, Mislan memastikan semua tercatat. Data tersebut berada di bagian aset. Kendaraan dinasnya menyebar di seluruh SKPD maupun sekretariat daerah. “Tanggungjawab buat pemeliharaan serta pembayaran pajak, lanjutnya, dibebankan sesuai di SKPD kendaraan dinas berada,”tukasnya. (jie)

__Posted on
01/10/2017
__Categories
BERITA TERKINI, SEKADAU