Posyandu Aster XII Jadi Binaan Kejaksaan

Sintang, BK-Keberadaan Posyandu adalah merupakan hal yang sangat penting di lingkungan masyarakat karena fungsinya adalah sebagai sarana dalam pelayanan kesehatan terhadap tumbuh kembang Balita dan ibu hamil.

Perhatian ini ditunjukkan oleh Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Kejaksaan Negeri (Kejari) Sintang dengan mendatangi posyandu Aster XII di perumahan padat penduduk kelurahan Alai Sintang pada jumat, (6/1) sore.

Kedatangan IAD dari Kejaksaan Negeri Sintang disambut meriah oleh seluruh kader Posyandu dan puluhan peserta Posyandu yang berada di kelurahan Alai Sintang. Rombongan di Pimpin langsung oleh Ketua IAD Sintang Rosmayani Hasibuan dan didampingi Ketua Kejaksaan Negeri Sintang Syahnan Tanjung

Dalam sambutanya Kepala Kejaksaan Negeri Sintang Syahnan Tanjung mengatakan kedatangan rombongan dari IAD Sintang merupakan bentuk kepedulian organisasi IAD Sintang terhadap kesehatan anak Balita.

“Ini kunjungan kami yang pertama ke Posyandu Aster XII Sintang,” kata Syahnan Tanjung.

Kedepan kata Syahnan Posyandu Aster XII akan menjadi Posyandu binaan IAD Sintang. Jika sudah menjadi Posyandu binaan maka IAD akan rutin melakukan pembinaan. Minimal dua hingga tiga bulan sekali akan dilakukan kunjungan. “Kalau sudah menjadi Posyandu Binaan maka kami akan melakukan kunjungan minimal dua sampai tiga bulan sekali,” ujarnya.

Syahnan menjelaskan Selain Posyandu binaan, nantinya akan digelar kegiatan lain seperti sunatan massal, uji sampel dan golongan darah, tabligh akbar, maupun kegiatan bermanfaat lainnya.

Lebih lanjut Pria yang dikenal ramah dan baik kepada bawahanya menjelaskan bahwa Ikatan Adhyaksa Dharmakarini adalah ikatan istri pegawai kejaksaan, pegawai perempuan dan pensiunan yang mandiri, non politik.

Sementara Suminah satu diantara Kader Posyandu Aster XII Kelurahan Alai mengaku bangga dengan kehadirian ibu ibu dari kejaksaan yang tergabung dalam organisasi Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD).

Kedatangan IAD ke posyandu Aster XII menjadi penyemangat kader untuk mengajak masyarakat yang memiliki Balita untuk terus melakukan Posyandu.

“Kami berterima kasih atas kunjungan ibu ibu dari kejaksaan Negeri Sintang. Kami berharap kedepan Posyandu Aster XII akan semakin maju,” kata Suminah  ketika menyambut kedatangan rombongan dari IAD Sintang.

Suminah menerangkan bahwa Posyandu Aster XII telah berdiri sejak 1991 lalu. Dalam perjalananya Posyandu Aster XII mengalami pasang surut dan lokasinya juga berpindah pindah “Kami ini sudah generasi kedua. Tempatnya tergantung ketuanya. Karena ketuanya di sini maka Posyandu Aster sekarang di rumah ketua,” kata Suminah.

Posyandu Aster XII memberikan layanan penimbangan berat badan balita, penyuluhan kesehatan serta memberi vitamin bagi bayi. “Kami sampai sekarang idak memimiliki tempat yang permanen. Harapanya kedepan kami memiliki tempat yang permanen,” tukasnya.

Pihaknya sangat berterimakasih atas kedatangan IAD Kejari Sintang. Suminah berharap niat baik IAD yang menjadikan Posyandu Aster XII sebagai binaan tetap akan memberikan semangat bagi kader mapun peserta Posyandu.

Dalam kunjunganya IAD Sintang juga menyerahkan tali asih berupa uang dan susu yang diperuntukan untuk bayi.(ono)

__Posted on
01/09/2017
__Categories
NASIONAL, SINTANG