Pengidap HIV/AIDS Harus Teratur Minum Obat

Sintang, BK- Pengidap HIV/AIDS wajib minum obat dengan teratur untuk melawan perkembangbiakan virus. Kendati tidak dapat disembuhkan, minum obat penting bagi pengidap HIV/AIDS untuk bertahan.

Salah seorang pendamping minum obat (PMO) pengidap HIV/AIDS Sintang, Ririn, mengatakan, mendisplinkan minum obat pengidap tidak gampang, terutama  bagi pengidap yang baru diketahui positif terpapar HIV. “Masalahnya belum terbiasa. Jadi kita selalu upayakan untuk mengingatkan,” kata Ririn.

Ririn sendiri mendampingi 26 pengidap HIV/AIDS  setiap harinya buat minum ARV. Sementara di Sintang total ada empat PMO. Tugas mereka mengingatkan para pengidap HIV agar displin minum obat.

Menurut Ririn keteraturan minum obat ARV bagi pengidap penting. Jika tidak, maka otomatis dosis yang harus diminum menjadi lebih tinggi. Sementara untuk minum ARV, lanjut Ririn, harus setiap hari. Jam minum obatnya juga mesti sama. Tidak boleh berubah, meski hanya satu jam terlambatnya.

Sementara pola pendekatan PMO kepada pengidap antara lain dengan terus menghubungi jika sudah masa waktu minum obat. “Tidak juga harus bertemu, tapi kita via telepon,” kata Ririn.

Sementara obat ARV bagi pengidap diberikan secara gratis. Pemerintah kabupaten Sintang bahkan terus menjamin ketersediaan stoknya. Pemerintah juga memastikan kalau para pengidap mendapatkan ARV.

“ARV kita berikan gratis. Stok kita siapkan sampai untuk tiga bulan. Kita berupaya menjaga stok jangan sampai kosong. Kalau pengidap dari kecamatan jauh, stok bisa kita lebihkan saat mengambil,” kata dr Jani Tejo, dari VCT Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ade Moch Djoen Sintang.

Berdasarkan data, masyarakat yang sudah memeriksakan diri ke VCT di Sintang dari tahun 2006-2016, sebanyak 12766 orang.  Positif HIV sebanyak 198 orang dan terkena  AIDS sebanyak 219 orang. Jadi totalnya  417 orang.

dr Jani menambahkan identitas masyarakat datang ke VCT dijamin kerahasiannya. Begitu pula jika memang hasil pemeriksaan dinyatakan positif terjangkit virus HIV(ono)

__Posted on
01/09/2017
__Categories
BERITA TERKINI, SINTANG