Penjual Durian Musiman Akan Di Tata

Sintang, BK- Pemerintah kabupaten Sintang kedepan bakal menata lokasi penjualan durian. Lokasi sudah disiapkan. Pemerintah menyediakan secara gratis. Pedagang tinggal menempati.

“Kita jadikan satu tempat di halaman galeri,” kata kepala dinas perindustrian perdagangan, koperasi dan usaha kecil menengah (Disperindagkop dan UKM) Sintang, Sudirman, Jumat pekan lalu

Menurut Sudirman dengan penataan lokasi,  menjadi harapan pemkab yakni Sintang bisa memiliki sentra penjualan durian. Masyarakat ingin menikmati durian sudah tahu tempatnya. Kemudian bisa menjelma sebagai ikon khas. “Kalau sekarang masih terpisah-pisah pedagang durian berjualan,” kata Sudirman.

Karena itu, menurut Sudirman, dalam waktu dekat pihaknya berencana mengundang pedagang durian. Pemerintah berharap dukungan penuh pedagang. Konsep penataan bukan semata kepentingan pemerintah semata, namun bagi daerah secara luas, termasuk menguntungkan pedagang.

Sudirman turut berpesan kepada pedagang durian supaya tidak mengambil kesempatan dengan mempermainkan harga. Harga jual durian mesti secara wajar. Pedagang jangan melihat pembeli yang datang. Misal karena pembelinya mengendarai mobil harga langsung meroket. “Apalagi kalau tahu pembeli dari luar Sintang,  harga langsung dinaikkan. Tidak boleh demikian,” kata Sudirman.

Kendati demikian Sudirman yakin pedagang durian di Sintang tidak akan merusak citra daerah. Pedagang menjual duriannya  dengan harga sesuai. Kualitas yang dijual juga dijaga. Dan, Sintang termasuk daerah penghasil durian, yang merata hampir di semua kecamatan.

Terpisah warga Sintang menyambut baik wacana Pemkab menata penjualan durian menjadi satu tempat. Penataan tersebut dipandang baik untuk kerapian. Kemudian lokasinya bisa menjadi terpusat. “Kita sebagai masyarakat kalau untuk mendapatkan durian menjadi lebih mudah,” kata Bowo, warga yang penggemar durian, ini.(jie)

 

__Posted on
12/26/2016
__Categories
SINTANG